Rabu, 19 September 2018

Olah Saja Ikan Lele Biar Jadi Mahal

MALANG - Kesadaran pembudi daya ikan lele untuk mendapatkan nilai lebih dari ikan peliharaannya cukup tinggi. Karena itu, para pembudi daya ikan lele ini pun mengolah ikan dari kolam mereka. 

Mereka mengolah ikan segar lele menjadi beragam olahan. Mulai dari krupuk lele, stick lele, pentol lele, hingga kripik lele. Beruntungnya, untuk mengolah ikan lele itu, mereka diwadahi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pemkot Malang.

Mereka mendapatkan pelatihan cara mengolah lele beberapa waktu lalu. Pelatihan olahan lele itu tidak hanya diikuti para pembudi daya ikan lele, tapi juga para pengolah ikan.  

Mengolah ikan segar menjadi produk olahan menjadi pilihan menarik. Karena ada peningkatan harga yang cukup signifikan. Bahkan, peningkatan harganya bisa dua sampai tiga kali lipat dibandingkan jika dijual langsung.

Dengan asumsi harga ikan lele per kilogramnya Rp 20 ribu, maka saat diolah per kilogramnya bisa menjadi Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu. Peningkatan harga itu juga dikarenakan ada bahan tambahan untuk pengolahan. Selain itu juga ada biaya tenaga kerja serta bungkusnya.  (*)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Olah Saja Ikan Lele Biar Jadi Mahal

MALANG - Kesadaran pembudi daya ikan lele untuk mendapatkan nilai lebih dari ikan peliharaannya cukup tinggi. Karena itu, para pembudi daya...